Langsung ke konten utama

pesawat kantor

Pesawat kantor adalah semua mesin komunikasi yang berfungsi sebagai alat untuk mengadakan komunikasi baik dilingkungan sendiri atau dilingkungan kantor.
    Jenis-jenis pesawat kantor
  1.  TELEPHONE
 Hasil gambar untuk pengertian telepon Kata telepon berasal dari kata tale (jauh) dan phone (suara). Jadi, telepon merupakan alat komunikasi jarak jauh melalui sinyal listrik yang biasanya berupa suara. Awalnya, penemu telepon adalah Alexander Graham Bell dengan telepon pertama dibuat di Boston, Massachusetts pada tahun 1876. Namun, penemu Italia Antonio Meucci telah menciptakan telepon pada tahun 1849. Oleh karena itu, pada september 2001, Meucci dengan resmi diterima sebagai pencipta telepon oleh konggres Amerika, bukan Alexander Graham Bell.

2. ANSWERING MACHINE
 Gambar terkaitAnswering machine(mesin penjawab telepon) yaitu suatu alat yang dapat merekam/menjawab setiap pesan (berita) masuk.

cara kerjanya

jika hendak meninggalkan ruangan tekanlah terlebih dahulu tombol play dan rec dengan demikian secara otomatis alat ini akan merekam.

A. keuntungan answering machine
- dapat merekam dan atau menjawab setiap pembicaraan dari luar.
    - dapat merekam dari dua arah.
    - orang lain dapat mendengarkan hasil pembicaraan.
- dapat memanggil dimana.
   -dapat memanggil dimana saja

3. INTERCOM
Hasil gambar untuk intercom

  Kata intercom berasal dari bahasa inggris, yaitu intercommunication yang mempunyai arti hubungan dalam. Beudrat adalah kabel yang berfungsi untuk menyalurkan suara dari pesawat intercom yang satu ke pesawat intercom lainnya.
sedangkan menurut pengertian dikantor, intercom atau lebih dikenal dengan aiphone, merupakan alat komunikasi yang dipergunakan untuk menyampaikan warta atau keterangan dalam lingkungan organisasi sendiri, dari suatu bagian kebagian yang lain atau dari satu ruangan ke ruangan lain.
 Fungsi intercom dilingkungan kantor 
  1. sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan informasi secara efektif dari satu pihak kepihak lainya.
  2.  memperluas saluran komunikasi dari satu insatansi atau kantor.
  3. menghindari mondar-mandirnya pegawai .
  4. menghemat waktu dan tenaga sehingga meningkaatkan produktivitas kerja pegawai.
Fungsi intercom dilingkungan masyarakat

  1. sebagai medi informasi.
  2. sebagai media pengetahuan. 
  3. sebagai media hiburan.
Cara mengopraasikanya         Langkah-langkah nya adalah:

a. intercom digunakan dikantor
  1. angkat gagang telephone.
  2. tekan tombol sleksi saluran yang dimaksud.
  3. tekan tombol pemanggil yaitu tombol "C" sehingga terdengar nada panggil "tuut-tuut"
  4. lakukan pembicaraan.
b. intercom digunakan dimasyarakat
  1.    nyalakan tombol "ON" untuk menghidupkan pesawat 
  2. pilih atau cari saluran yang dituju
  3. langsung kita bisa berhubungan dengan orang atau saluran yang kira dituju.
4. TELEX
  Hasil gambar untuk telex

 Mesin telex (teleprinter exchange) adalah jaringan telephone tetapi hanya digunakan untuk mengirimkan pesan berbasis teks.


5. FAKSIMALE





Hasil gambar untuk faksimileMesin faks adalah sistem komunikasi yang digunakan untuk mengirim dan menerima dokumen yang berisi gambar dan teks. Salah satu fungsi dari mesin faks adalah dapat mengirimkan dokumen secara fisik ke penerima.



6.SWITCHBOARD
 Hasil gambar untuk switchboard

   Switch board merupakan suatu alat komunikasi yang terdiri atas papan panel yang lebarr, didalamnya terdapat saklar-saklar dan instrument lainnya yang berfungsi untuk menyampaikan isyarat dari tempat yang satu ke tempat lainnya.

Macam-macam switch board
-switchboard dengan system telepon kunci.
-switchboard dengan system pembaruan.

Keuntungan switchboard
  • memperluas saluran komunikasi dilingkungan sendiri.
  • menghemat, tenaga, waktu dan biaya.
  • dapat berhubungan dengan pihak luar.
Kelemahan switchboard
  • setiap akan melakukan pembicaraan harus selalu melalui operator.
  • jika  menggunkan mengetahui seluruh nomor telepon yang ada pada perusahaan tersebut

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Definisi flight control dan secondary flight control

    Pendahuluan  Penerbangan di definiskan sebagai desain, manufaktur, penggunaan dan pengoprasian pesawat udara, dimana pesawat dapat di artikan pada setiap kendaraan yang mampu terbang. Pesawat dapat menjadi lebih berat dari udara atau lebih ringan dari pada udara lebih ringan daripada pesawat udara termasuk balon dan airships dan lebih berat dari pesawat udara termasuk pesawat, autogiros,pesawat,helikopter, dan ornihopters. Selama beradab-adab manusia bermimpi untuk terbang dengan burung-burung. penemu terkenal seperti Leonardo Da vinci, john stringfellow, dan Lawrence Hagrave telah menyihir ide-ide tentang bagaimana untuk mendapatkan beberapa mesin aneh untuk terbang jauh sebelum terkenal penerbangan pertama wright bersaudara di Kitty Hawk. AIRCRAFT(PESAWAT TERBANG) Definisi   Pesawat adalah sebuah kendaraan yang mampu terbang melalui udara atau melalui atmosfer lainnya. Semua aktifitas manusia yang mengelilingi pesawat disebut penerbangan (Aviation). FLIGHT CONTROL  

    Mengidentifikasi kebutuhan dokumen

    A. Pengertian Dokumen 1. Menurut KBBI     Dokumen adalah suatu yang tertulis atau tercetak yang dapat dipergunakan sebagai bukti atau keterangan, seperti akta kelahiran, surat nikah, surat perjanjian. 2. Menurut esklipedi administrasi    Dokumen adalah warkat asli yang digunakan sebagai alat pembuktian atau sebagai alat untuk mendukung suatu keterangan. 3. Menurut ensikipedi umum     Dokumen adalah surat, akta, piagam, surat resmi, dan bahan rekaman, tertulis atau tercetak yang dapat memberikan keterangan untuk penyelidikan ilmiah. 4. Menurut kamus b.inggris webstreen     Dokumen adalah : a. membuktikan dengan keterangan, melengkapi keterangan dengan fakta-fakta. b. melengkapi perusahan keterangan seperti, surat keterangan, pernyataan, lampiran-lampiran, seperti untuk melengkapi sebuah buku atau tesis. B. Jenis-jenis dokumen 1. Dokumen ditinjau dari pemakainya     a. Dokumen pribadi adalah surat-surat berharga yang dapat dipakai sebagai alat pembuktian peristiwa penting