Mengidentifikasi Titik kontak Pokok Anda
Kesuksesan anda terkait langsung dengan kemampuan anda membuat kontak dan membangun relasi yang bermanfaat secara timbal balik dengan orang yang tepat.
Jalan yang anda lalui, dari mula-mula membuat kontak dan akhirnya membangun relasi yang bernilay mencakup enam titik pokok:
Seain pertemuan tatap muka, telepon dapat menjadi alat networking yang sangat membantu-asalkan anda dapat melewati penjaga gerbang (gatekeeper)
Apa rahasianya agar sukses dalam telepon? melewati getekeeper ikutilah panduan berikut ini:
Kesuksesan anda terkait langsung dengan kemampuan anda membuat kontak dan membangun relasi yang bermanfaat secara timbal balik dengan orang yang tepat.
Jalan yang anda lalui, dari mula-mula membuat kontak dan akhirnya membangun relasi yang bernilay mencakup enam titik pokok:
- Pertemuan dan acara khusus bisnis dan sosial
- Telepon
- E-mail dan internet
- Surat melaui pos
- media
- keterlibatan pembicaraan
Seain pertemuan tatap muka, telepon dapat menjadi alat networking yang sangat membantu-asalkan anda dapat melewati penjaga gerbang (gatekeeper)
Apa rahasianya agar sukses dalam telepon? melewati getekeeper ikutilah panduan berikut ini:
- mintalah pada resepsionis nama dan profesional administratif yang menyaring telepon untuk penjabat pengambil keputusan.mintalah berbicara dengan orang itu dan bukan dengan eksekutifnya.
- tunjukan keakraba anda dengan gatekepeer.sapa gatekeepernya dengan namanya dan tanyakan bagaimana kabarnya hari itu.
- tunjukan respek anda terhadap posisi dan kekuasaan gatekeeper dengan menyajikan kebutuhan anda dan meminta nasihat atau bantuan. Sebagai contoh,"Gina, saya ingin bertemu dengan kepala keuangan untuk mendiskusikan akunting oraganisasi anda dan kebutuhan auditing. Saya tahu CEO mempunyai jadwal yang padat. Bagaimana saran anda dan apa yaang saya harus lakukan guna mendapatkan appoinment untuk perkenalan?'
- pertimbangkan untuk berkerja langsung dengan gatekeeper dan bersama-sama memintas jalan ke eksekutif. Beberapa eksekutif memberikan tanggung jawab besar kepada asisten mereka. Setelah anda menyampaikan kebutuhan anda dan meminta bantuan, anda bisa sangat terkejut mengethui bahwa asisten memiliki kekuasaan untuk menangani permintaan anda.
- jangan pernah meremahkan aatau tidak respek terhadap gatekeeper jika anda kata kasar anda kembali ke pengambil keputusan.
- selalu berterimakasih kepada gatekeeper yang telah mmembantu anda.
- tujuan anda sekarang bukan hanya memperkenalkan diri anda, melainkan juga memberikan si pendengar insentif untuk mengambil tindakan apa saja yang diinginkan, seperti menjadwalkan wawancara tatap-muka atau meminta sampel produk anda.
- sadarlah akan waktu pendengar. batasilah perrcekapan anda maksimum 2 menit. ajukan pertanyaan menarik pendengar ke dalam percakapan anda. jadilah pendengar yang aktif dan responsif.
- Susun tulisan anda sebagai pirmida terbalik. mulaylah dengan bahan-bahan penting -informasi paling mungkin untuk membujuk pendengar anda tetap menelpon.
- hangatkan pendengar dengan menyebutkan nama-nama orang terkenal yang menjadi nama kontak timbal balik, atau dengan menunjukan pengetahuan anda tentang organisasi atau pengambil keputusan.
- mualilah dengan membuka percakapan.
Komentar
Posting Komentar